Sunday, April 1, 2012

Hati hati Google Panda

Google Panda adalah Algoritma terbaru mesin pencari google tahun 2010 akhir atau awal tahun 2011, setelah sebelumnya google melakukan update algoritma pencarian dengan nama "Google Caffeine". Penyebab google melakukan update ke Google Panda adalah karena Google Caffeine belum memberikan hasil pencarian (search google)yang baik terhadap situs-situs supaya tampil diposisi utama SERP, sehingga di awal tahun 2011 Google melakukan update algoritma search engine dengan maksud hasilnya bisa lebih baik.

Bagaimana cara kerja google panda?
Google panda menekankan atau mengantisipasi adanya content farm mengingat banyaknya content-content farm saat ini yang merugikan blogger lainnya dan menguntungkan web yang memasang content farm saja.

Apa itu content farm?
Menurut terjemahan Wikipedia: Content farm  adalah content atau artikel-artikel pada website yang tulisannya dikerjakan oleh penulis lepas (freelance writer) untuk menghasilkan content yang memenuhi algoritma pencarian (mesin pencari secara otomatis). dengan maksud menghasilkan pendapatan iklan melalui tampilan yang menarik perhatian pembaca.

Apa akibatnya jika google mengetahui sebuah web menggunakan content farm?
Akibat ringan: Google menurunkan ranking blog yang terdeteksi menggunakan "content farm" sehingga nantinya web/blog penggunak content farm akan sulit di posisi utama mesin pencarian google.
Akibat Berat: bukan tidak mungkin sebuah web/blog mengalami penurunan drastis atau tidak lagi ditemukan dimesin pencari google.

Menurut data akhir tahun 2011 algoritma google panda masih diterapkan di Amerika dan Eropa, mungkin awal 2012 in menyusul ke negara-negara asia seperti indonesia.

Sebagai bahan pelajaran bagi kita para blogger baru (maklum saya juga blogger baru) adalah:
- Membuat artikel (content asli) jangan pernah copas (copy paste)
- Jika rekan blogger punya keahlian tertentu seperti service komputer, rekan-rekan bisa menyediakan tanya-jawab di blog (hal ini sangat disukai mesin pencari google)
- Artikel mempunyai manfaat bagi pengunjung (mungkin maksudnya: mendatangkan pengunjung lebih banyak)


Untuk lebih jelasnya lihat ulasan saya di artikel sebelumnya pada blog ini: Cara menaikan google pagerank.

Itulah sebabnya mengapa saat ini pagerank kita digoogle sulit untuk pecah telur alias tetap nol(0), mudah-mudahan tulisan ini sapat memotifasi rekan-rekan blogger untuk lebih berusaha lagi sehingga bisa jadi angka 1 seperti blog ini.

Jika ada saran dari rekan blogger mohon disampaikan melalui komentar! salam dari cerdaskom.

Sumber:Cerdaskom

1 comment:

Silahkan kalian berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.Anda Comment di postingan saya,tunggu Comment saya di postingan anda.....Thanks.Doffolow blog.
Kontak langsung di 083843472491.

|| | Copyright 2012 By : Dlerist | Lautan Solusi | Created By : Mas Yusa ||